Minggu, 12 Mei 2019

Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan


Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan

Seperti yang kita lihat sekarang ini Teknologi Informasi (TI) sangat cepat berkembang dan semakin dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Dalam hal ini perbankan, pada awalnya Bank di bentuk bukan seperti sekarang yang telah kita lihat . Pada awalnya bank hanya sebuah jasa yang melayani penukaran uang, kemudian berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang (tabungan), lalu berkembang lagi menjadi tempat peminjaman uang. Awal kegiatan perbankan dimulai dari zaman babylonia kemudian terus berkembang ke zaman yunani kuno dan romawi. Hingga akhirnya terus berkembang sampai ke daratan eropa, dan akhirnya berkembang sampai ke Asia Barat yang dibawa oleh para pedagang Eropa, dan terus berkembang hingga kegiatan perbankan ini menyebar ke seluruh dunia, terutama daerah jajahan Eropa.
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan anda.
E-banking adalah salah satu sektor yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya berkaitan dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti ATM dan sistem perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat “garis belakang”, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, ‘merchant atau penyedia jasa transaksi’. contoh layanan E banking yaitu Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine), Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System), Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System), Perbankan Daring (Internet Banking), Sistem Kliring Elektronik, dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan membahas ATM.
 ATM adalah sebuah alat atau media elektronik yang menyediakan sebuah layanan kepada nasabah-nasabah bank dan mengizinkannya untuk mengambil uang atau mengecek saldo simpanan dari bank-bank tertentu tanpa pelayanan dari seorang “Teller” manusia.
ATM (AutomaticTeller Machine, atau Automated Teller Machine,atau di Indonesia dikenal sebagai Anjungan Tunai Mandiri) sudah bukan merupakan benda asing lagi bagi rakyat negara ini. Penduduk kota maupun desa sudah sangat akrab dengan mesin pencetak uang otomatis ini. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, ATM sudah menyediakan banyak kemudahan bagi semua orang, transaksi apapun dapat dilakukan melalui alat ini, mulai dari penarikan tunai, transfer uang, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM, dan akses ATM juga dapat dilakukan via mobile bahkan internet.
Kelebihan Mesin ATM
• praktis, karena lebih mempermudah transaksi perbankan.
• tak perlu menghitung berlembar uang.
• Bisa melakukan transaksi lewat internet (hati-hati dalam memilih website).
• Bisa belanja sekarang dan bayar bulan depan dengan bunga sekitar 2,5% – 3 % tergantung bank yang bersangkutan.
• Dan masih banyak lagi.
Kekurangan Mesin ATM
• Lokasinya tidak tetap, tidak selalu ada di suatu tempat.
• Jika seseorang melihat atau menghack mesin ATM rincian transaksi dan kartu dapat diambil atau kelihatan.
• Jika ada masalah dengan kartu ATM, konsumen tidak bisa menarik uang.
• Kesalahan memasukkan nomor PIN mengakibatkan tidak bisa melakukan transaksi.
• Kesalahan 3 kali memasukkan nomor PIN bisa membuat kartu macet dan tidak keluar dari mesin ATM sehingga membutuhkan waktu untuk mengatasinya.
• Pencurian nomor PIN bisa dilakukan.
• Bisa terjadi Skimming, yaitu bekas-bekas data PIN bisa disadap oleh pencuri.
 Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar